Berikut Obat dari Tanaman Herbal untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Berikut Obat dari Tanaman Herbal untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Berikut Obat dari Tanaman Herbal untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Tanaman herbal bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk menambah energi tahan tubuh. Mulai dari tanaman meniran hingga pegagan yang mudah diracik.
Seiring bersama menambah angka pertumbuhan COVID-19 di Indonesia, banyak masyarakat yang pakai obat alami untuk menahan COVID-19. Salah satu faktor untuk mencegahnya adalah bersama menambah energi tahan tubuh.

Di lansir dari laman athleticfieldmarker.com, untuk menambah energi tahan tubuh dibutuhkan asupan antioksidan yang tinggi. Antioksidan itulah yang dapat jadi tameng di kala tersedia radikal bebas masuk ke di dalam tubuh.

Kandungan antioksidan itu banyak terkandung di lebih dari satu tanaman herbal yang bisa di racik jadi ramuan sehat penawar virus dan bakteri.

Di kutip dari laman poker88 mobile terbaru, berikut 3 tanaman herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

1. Daun Meniran

Salah satu tanaman herbal untuk daya tahan tubuh adalah meniran. Meniran memiliki penampilan seperti semak liar yang ada di jalanan. Bentuk daun meniran adalah majemuk dan sekilas seperti daun tanaman petai.

Khasiat meniran untuk meningkatkan daya tahan tubuh telah di buktikan oleh penelitian yang di lakukan Dr. Suprapto Ma’at Apt.,MS, dosen dan peneliti obat herbal Fakultas Kedokteran UNAIR Surabaya.

Daun meniran mengandung senyawa phyllanthin dan hipophylatin yang mampu memodulasi sistem imun bawaan yang di sebut fagosit. Dengan rutin mengonsumsi meniran, maka kemampuan fagosit juga menjadi lebih optimal.

Cara mengonsumsinya bisa di campur dengan kunyit. Sebaiknya di konsumsi rutin selama dua pekan, kemudian berhenti dua pekan dan di konsumsi lagi.

2. Daun Kelor

Selama ini daun kelor di kenal sebagai tanaman yang memiliki sifat magis. Namun di balik itu, daun kelor sangat bermanfaat di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh.

Daun kelor mengandung antioksidan yang tinggi. Bahkan antioksidannya akan tetap kuat walaupun di racik dengan cara di rebus di air panas. Antioksidannya antara lain flavonoid, antrakuinon, dan vitamin C.

Bahkan kandungan vitamin C-nya lebih banyak di bandingkan dengan jeruk. Selain dapat meningkatkan daya tahan, daun kelor juga berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan, mengobati radang, inflamasi hingga kanker.

3. Daun Pegagan

Tanaman pegagan di kenal dengan nama ilmiah Centella asiatica. Pegagan merupakan tanaman tradisional yang bermanfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler dan humoral.

Tanaman herbal ini mengandung senyawa glikosida triterpenoid dan asiaticoside. Senyawa itu berperan untuk mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara mengonsumsinya bisa di seduh dengan air panas. Masukkan daun pegagan ke dalam gelas, tambahkan air panas dan tunggu beberapa saat. Saring daun pegagannya dan bisa langsung di konsumsi.