Berikut Tips untuk Berhenti Overthinking yang Hambat Kemajuan Hidupmu

Berikut Tips untuk Berhenti Overthinking yang Hambat Kemajuan Hidupmu

Berikut Tips untuk Berhenti Overthinking yang Hambat Kemajuan Hidupmu

Kebiasaan melepaskan anggapan melanglang buana akhirnya kerap membuatmu menjadi mikir berlebihan atau overthinking. Hal ini terlebih berlangsung di kala hadapi suasana yang gak ideal. Umumnya, anggapan yang berkunjung pun melibatkan kemungkinan-kemungkinan terburuk.

Tanpa sadar, kebiasaan overthinking ini sanggup menghambat kemajuan hidupmu. Sudah tak terhitung peluang emas yang terlewat begitu saja, akibat langkah berpikirmu yang terlampau kompleks.Agar tidak berkelanjutan merugikan, di lansir dari laman athleticfieldmarker.com, berikut ini beberapa langkah untuk berhenti overthinking. Apa saja?

1. Cek faktanya

Di kutip dari laman poker88 mobile terbaru, setiap kali kamu berpikir yang tidak-tidak atau mengkuatirkan sesuatu yang belum pasti terjadi, coba tanya terhadap diri sendiri, apakah ini cocok fakta. Bisa jadi, pikiranmu yang “super kreatif” itu sesungguhnya hanya prasangka semata.

Dengan selamanya mengandalkan fakta, kamu jadi terhindar dari tidak baik sangka terhadap diri sendiri maupun orang lain. Sebab umumnya, prasangka tidak baik itu umumnya gak benar. Jadi, hanya membuat kamu khawatir doang!

2. Mencoba berdamai pada kekurangan

Sering kali pemicu kebiasaan overthinking adalah kamu yang menuntut diri sendiri untuk menjadi sempurna. Akibatnya, kamu sama sekali tidak menoleransi adanya kesalahan atau kegagalan.

Untuk mengatasinya, coba mulailah berdamai dengan diri sendiri. Terima, kalau kamu itu manusia yang pasti punya kekurangan. Dengan begitu ketika gagal, kamu gak menyikapinya secara berlebihan. Apalagi sampai trauma dan membuatmu takut mencoba.

3. Memastikan tubuhmu cukup istirahat

Lelah fisik, juga bisa memengaruhi kondisi mental. Saat badanmu lelah karena gak cukup istirahat, sulit untuk bisa berpikir dengan jernih dan objektif. Di kepalamu, malah berkecamuk ide yang tidak-tidak. Padahal itu semua hanya berbasis praduga. Gak ada faktanya sama sekali.

4. Terimalah fakta bahwa kamu gak bisa meramal masa depan

Sematang apa pun kamu berencana, tetap tak bisa menghilangkan fakta bahwa siapa pun gak bisa meramal masa depan. Kemungkinan hal-hal tak terduga akan selalu ada.

Menerima fakta ini bisa membantumu untuk lebih berani mengambil keputusan yang akan berdampak baik terhadap hidupmu. Selama ini, hal itu selalu tertunda karena kamu sudah keburu menghakimi diri sendiri. Padahal yang terjadi nanti belum tentu seperti yang kamu bayangkan sekarang.