Impian Punya Rumah di Usia Muda

Impian Punya Rumah di Usia Muda

Tips Wujudkan Impian Punya Rumah di Usia Muda

Impian Punya Rumah di Usia Muda – Siapa pun ingin cepat-cepat memiliki  rumah sendiri. Apalagi, sebelum usia 25 tahun.

Dapat dianggap, seseorang yang membutuhkan satu beban hidup berkurang. Sebab, rumah merupakan salah satu aset yang paling menguras uang.

Paling tidak, jika sudah memiliki rumah, seseorang dapat meminta ke mana uangnya untuk diinvestasikan selanjutnya.

Hanya saja, beli rumah bukan perkara mudah. Ini adalah jumlah yang diterima godaan duniawi yang muncul. Jangan membeli rumah, dapat menyisihkan tabungan dan dana darurat saja sudah cukup pulih.

 1. Bikin Rencana Disertai Tenggat Waktu

Pertama-tama, buat rencana tentang rumah seperti lokasi, model bangunan, luas tanah, dan perencanaan yang ada di implementasi.

Dengan perencanaan ini, Anda dapat mengetahui perkiraan biaya yang diperlukan untuk membeli rumah impian. Selain itu, rencana ini disetujui dengan batas waktu atau kapan pun akan membeli rumah. Dengan demikian, Anda semangat semakin terpacu untuk mewujudkannya.

2. Fokus!

Sekadar menabung hanya cukup, tapi juga fokus. Ya, Anda harus fokus menabung untuk membeli rumah. Tahan godaan untuk membeli atau membeli dalam jumlah berlebih agar pengeluaran tetap stabil, sehingga uang yang sudah dialokasikan tidak melebihi anggaran.

Setiap kali godaan muncul, bayangkan rumah idaman jadi godaan seketika sirna dan Anda bisa kembali fokus untuk mencapai tujuan. Sikapi godaan dengan tegas agar tidak mudah terbawa arus.

3. Jangan Hamburkan Uang THR

THR yang biasanya dihambur-hamburkan untuk belanja, sekarang harus dialokasikan oleh bijak. Sebelum uangnya terlanjur habis, minta sisihkan 50 persen atau 75 persen terlebih dahulu untuk disimpan ke rekening tabungan khusus membeli rumah.

Lakukan hal yang sama selama 4-5 tahun berikutnya, dapatkan uang yang dikumpulkan semakin lama. Kan lumayan untuk menambah-nambah tabungan utama, jadi rumah idaman pun semakin cepat dihuni.

4. Menaikkan Persentase Tabungan

Bila persentase, gaji yang ditabung selama ini adalah 15 persen dari gaji, naikkan persentase menjadi 20 persen atau 25 persen. Cukup signifikan memang, namun meningkatkan persentase dapat membuat target keuangan menjadi lebih cepat tercapai.

Saat keuangan mencapai target, Anda tidak perlu takut untuk melirik-lirik rumah atau menghubungi pengembang. Ini lantaran sudah punya uangnya. Selain itu, Anda memang berkeinginan membeli rumah. Terutama, bila harga, fasilitas, dan dirasa pas.

5. Bayarkan DP

Setelah menemukan rumah idaman, segera bayarkan DP menggunakan uang yang sudah berhasil terkumpul. Tujuannya agar uang tidak terpakai untuk kebutuhan di luar dugaan, sehingga pemakaiannya benar-benar diperlukan untuk rumah.

Pembayaran DP juga ampuh untuk mendapatkan harga rumah yang semakin tinggi. Karena setiap tahun, harga rumah akan meningkat sekitar 2 – 5 persen.

Semakin tinggi jenis dan harga mahal rumah, maka semakin tinggi pula keuntungan setiap tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *